Rabu, 22 Mei 2013

Catatan Kecil : Kebaikan itu Relatif Kebenaranlah yang Hakiki

Sebuah Catatan Kecil : Kebaikan itu Relatif Kebenaranlah yang Hakiki

by Alier Bintang Kecil (Notes) on Wednesday, May 22, 2013 at 10:23pm


Kebaikan itu relatif sedangkan kebenaran itu hakiki. Jika kau merasa sesuatu baik untukmu belum tentu itu juga baik untuk orang lain. Maka adalah hal yg keliru jika kita memaksakan apa yg menurut kita baik agar dilakukan pula oleh orang lain.

Namun adalah hal yang salah jika orang mengatakan kebenaran itu relatif. Sebab Yang Maha Benar telah menunjukan bahwa yg benar adalah benar dan yg batil adalah batil kepada para RosulNya untuk diserukan kepada umat manusia.

Seandainya kebenaran itu relatif menurut pandangan masing-masing orang maka seorang pencuri akan mengatakan bahwa mencuri itu tindakan yg benar. Seorang pelacur akan berkata melacur itu juga benar, seorang pemabuk juga berkata mabuk-mabukan itu benar. Karena tidak adanya standar tentang apa itu kebenaran.

Karena antara yang BENAR dengan yg SALAH itu SANGAT JELAS PERBEDAANNYA. Secara fitrah menusia dapat membedakan antara salah dan benar. Meskipun orang jahat sekalipun pasti bisa mengakuinya kecuali orang-orang yg telah ditutup hatinya oleh Allah SWT.
Sementara BAIK dan BURUK kadang kita TIDAK DAPAT MENGUKURNYA. Sebagai contoh kita tahu susu itu sangat baik untuk nutrisi tubuh, namun akan berbeda jika kita tanyakan kepada orang yg alergi susu. Dan berbagai contoh apa yg menurut kita baik belum tentu baik untuk orang lain.

KESIMPULAN:
- Hindarilah men-judge / menghakimi seseorang itu baik atau buruk, namun kita tunjukan kepadanya mana yg benar dan mana yg salah.

- Seorang guru yg bijaksana tidak akan mencap muridnya sbg murid yg buruk akan tetapi ia akan mengarahkan padanya mana jalan yg benar.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar